Kemampuan bernegosiasi dan memahami kontrak merupakan hal penting yang harus dikuasai setiap pihak yang terlibat dalam proses procurement. Keterbatasan skill team procurement dan komite pembelian saat melakukan negosiasi dan kontrak review dengan Supplier/Vendor/Kontraktor membuat proses negosiasi berjalan tidak seimbang.
Oleh karena itu sangatlah penting membekali team procurement dengan metode dan strategi negosiasi serta kemampuan melakukan kontrak review, sehingga perusahaan akan memperoleh produk dan jasa yang diperlukan dengan kondisi the best bid with; best prices, best quality, serta best terms and conditions.
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
- Melakukan perencanaan dan strategi negosiasi
- Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan Supplier
- Memahami konsep penting dalam klausula kontrak
- Menyusun, menganalisa, dan mempersiapkan kontrak
- Melakukan negosiasi dengan Supplier tanpa terpengaruh bias penampilan dan strategi mereka
Presentasi dengan Pendekatan Psikometri, Diskusi, Studi Analisis, dan Video presentasi, dengan konsep:
- 20% teori berdasarkan literatur praktisi
- 40% analisa best practices dan benchmarking antar industri
- 40% studi kasus nyata dan diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta
Para Profesional di bidang:
- Supply Chain/Logistik, Procurement/Purchasing, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan
- GA, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan, Finance
- Internal Auditor, Compliance Unit, Quality Assurance
- Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses supervisi dan pengawasan internal
- Peserta yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini